Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik


Cara membuat pompa air tanpa listrik yang akan saya bahas kali ini menggunakan bahan-bahan yang mudah kita dapatkan disekitar kita, di toko-toko bangunan disekitar rumah dan dari bahan-bahan potongan pipa yang sudah tidak terpakai lagi, sebelum saya membahas lebih detail saya ingin menjelaskan sedikit tentang pompa air tanpa listrik ini. Pompa ini disebut juga pompa hidram yang bekerja dengan mengandalkan dari grafitasi air itu sendiri, maka dari itu pompa ini bisa bekerja dengan syarat penempatan posisi pompa lebih rendah dari posisi sumber mata air. Minimal kira-kira 0.5 meter atau lebih, semakin tinggi jaraknya akan semakin baik untuk kinerja pompa hidram itu sendiri. Pompa hidram pertama kali ditemukan oleh Josephem Montgolfierem pada abad ke-18, Beliau ini penemu yang berasal dari Perancis. bisa baca disini

Setelah membaca, melihat video tutorial, e-book tutorial akhirnya saya mempraktekan cara membuat pompa air tanpa listrik ini, dengan sebelumnya saya lakukan uji coba atau riset menggunakan bak dari tanah, mata air yang ada saya tampung dengan bak dari tanah dan saya coba alirkan ke pompa hidram yang saya buat untuk melihat tekanan air dari mata air menuju pompa yang saya buat. Banyak sekali design yang saya temukan dari hasil browsing di youtube, google dll. tapi semua itu harus kita sesuaikan dengan kondisi air dan lokasi mata air yang ada ditempat kita. dan inilah design terbaik yang saya gunakan sampai saat ini, dan pompa ini masih bekerja sampai saat ini.


Gambar pompa air tanpa listrik
Gambar pompa air tanpa listrik
Dari gambar disamping ini saya berharap anda semua sudah bisa cara membuat pompa air tanpa listrik. untuk detailnya saya akan jelaskan satu per satu dari komponen pompa air tanpa listrik ini :


  1. Tabung hampa, tabung ini berfungsi membantu menekan air menuju keatas, ketempat yang diharapkan. Pembuatan tabung ini harus benar-benar rapat, tak ada sedikitpun kebocoran walau sebesar lubang jarum atau rambut sekalipun, untuk design yang saya buat saya menggunakan bekas potongan pipa dibelakang rumah, pipa berdiameter 3 inchi dan panjang 44 cm, ukuran panjang pipa tabung hampa ini tidak harus sama dengan design yang saya buat, lebih atau kurang sedikit tidak terlalu bermasalah. Saat pembuatan bersihkan bagian ujung masing-masing, bagian atas kita tutup dengan dop 3 Inch, dan bagian bawah kita tutup dengan over shock atau reducer dari 3 inchi ke 1 inchi, yang berfungsi untuk menyatukan antara body atau badan pompa dengan tabung yang berukuran lebih besar. gunakan lem pipa untuk merekatkan dop dengan pipa dan over shock/reducer dengan pipa. pastikan bagian luar pipa yang akan ditutup dop dan reducer serta bagian dalam dop dan reducer itu sendiri bersih dari kotoran, agar tabung yang akan kita buat benar-benar rapat, karen ini salah satu bagian terpenting dari pompa ini, karena kebocoran tabung akan mengganggu kinerja dari pompa air tanpa listrik ini, atau bahkan pompa tidak akan bekerja sama sekali. Saran : Gunakan pipa berdiameter lebih besar jika ada dan buat lebih pendek, tujuanya agar saat pemasangan dilokasi tidak mudah miring karena pengaruh tingginya tabung. saya menggunakan yang 3 inch karena kebetulan yang ada di rumah untuk penghematan. atau anda bisa menggunakan tabung galon jika ada, atau apa saja yang rapat dan bisa disesuaikan dengan badan pompa.
  2. Selanjutnya yang ke dua adalah selang berdiameter 1/2 inchi, saya menggunakan selang karena untuk mempermudah penyaluran air kebagian atas menuju rumah atau tempat penampungan air, karena areanya melalui persawahan, anda bisa juga menggunakan pipa untuk ini. nah untuk keluaran air ini saya menggunakan ukuran yang lebih kecil dari dari keluaran badan pompa yang besarnya 1 inchi, ini bertujuan untuk menambah kekuatan air naik ke dataran lebih tinggi, ke tempat yang kita harapkan, gunakan over shock atau reducer dari 1 inch ke 1/2 inch yang dengan mudah anda dapatkan di toko-toko bangunan didekat rumah anda.
  3. Over shock/reducer yang sudah saya jelaskan di nomor 2.
  4. Nah nomer 4 ini adalah salah satu unsur penting dalam pompa air tanpa listrik ini, saya mendapatkan klep ini di toko bangunan tertentu, yang kebetulan tidak tersedia didekat rumah saya, saya harus menempuh perjalanan dengan motor sekitar 15 menit dari rumah, saya menyebutnya tusen klep, cara kerja tusen klep ini sama persis dengan klep yang biasa kita pasang dibagian bawah sumur untuk pompa listrik, yang biasanya ditambah saringan dibagian bawahnya, nah untuk pemasanganya posisi panah klep tusen menghadap keatas atau menghadap kearah tabung (nomor 1), jangan sampai kebalik, untuk detailnya perhatikan gambar diatas, ada tanda panah yang menandakan arah aliran air, jadi air yang mengalir dari bawah bisa mengalir keatas tapi tidak bisa kembali kebawah, itulah fungsi dari tusen klep ini.Saya memilih tusen klep ini karena bahanya dari pvc sehingga tidak mudah berkarat dan lebih mudahnya lagi klep ini bisa di buka bagian dalamnya sehingga mudah untuk dimodifikasi, modifikasi sangat kita butuhkan nanti saat pembuatan klep buang, nanti akan saya jelaskan lebih detail pada paragraf selanjutnya.
  5. Pipa masukan air dari mata air, yang akan kita teruskan ke dataran lebih tinggi di tempat yang kita harapkan. untuk projek ini saya menggunakan pipa 1 inch dari sumber mata air ke pompa hidram ini. Saran saya gunakan pipa yang lebih besar misal 2 inch saat keluar dari mata air dan setelah beberapa meter sebelum masuk pompa gunakan over shock dari 2 inch ke inch, cara ini digunakan untuk menambah tekanan air yang menuju pompa. tapi jika anda ingin menggunakan pipa 1 inch saja itu tidak masalah, akan tetap bisa bekerja seperti projek yang saya buat ini.
  6. Klep buang, klep inilah yang saya sebut komponen paling penting dari pompa air tanpa listrik ini, kenapa komponen ini sangat penting? karena komponen inilah yang akan bekerja memompa air dengan cara memberi denyut atau water hammer kalau istilah orang bule. untuk membuat klep buang ini kita bisa menggunakan klep tusen yang di modifikasi, saya pernah melakukan 2 kali modifikasi, karena modifikasi saya yang pertama tidak bertahan lama, saya membuat klep buang modifikasi yang ke 2, 2 type ini hasil modifan semua, namun yang paling bertahan lama adalah modifikasi saya yang ke 2 yang nanti akan saya jabarkan detailnya. nah pada gambar diatas saya menggunakan 2 klep buang kombinasi. anda bisa menggunakan salah satunya saja. design yang beredar kebanyakan menggunakan 1 klep buang tapi dari hasil praktek saya dengan menggunakan 2 klep buang akan menambah besar air yang naik ke dataran yang kita harapkan, type pertama klep buang yang saya buat memiliki kelemahan, saya membuat type yang pertama dengan cara membuka tusen klep kemudian mengampil per atau spring dari dalam klep memotong menjadi 2 bagian atau 3 bagian, dan memasang 1 bagian potongan disisi berlawanan dari sisi bawaan per klep. dan memasang klep ini dengan posisi terbalik dengan arah panah kearah bawah. nah inilah modifikasi yang saya maksudkan, tapi kelemahan motode yang pertama ini, per atau springnya tidak bisa bertahan lama, dalam jangka beberapa hari saja sudah patah, jika bisa mencari per atau spring yang lebih kuat namun ukuranya sama mungkin cara pertama ini bisa anda gunakan. 

Saya akan menjabarkan klep buang hasil modifikasi saya yang ke 2 yang sampai saat ini masih bertahan, bahan yang saya gunakan adalah :

  1. Klep tusen 1 inch
  2. sock drat luar 1 inch
  3. pipa 1/2 inch dengan panjang 9 cm yang di isi dengan semen, fungsinya sebagai pemberat. anda bisa sesuaikan panjang pipa dan semen pemberat ini sesuai dengan debit dan tekanan air ditempat anda, jadi tidak perlu terpaku dengan panjang 9cm, campur semen dengan air kemudian isi pipa dengan semen tersebut, jemur 2-3 hari agar semen benar-benar keras. Saya tunjukan detailnya pada gambar berikut ini :

Perhatikan arah panah yang ada pada klep tusen, untuk klep buang ini kita harus memasangnya pada posisi terbalik, dan buatlah lubang-lubang di sekeliling bagian bawah shock drat luar atau dibagian atas klep tusen tujuanya untuk kluar air saat klep ini memompa, gunakan lem bakar untuk menyatukan shcok drat luar dan klep tusenya atau anda bisa menggunakan resin atau karet, tapi anda harus memastikan lemnya tidak menutupi lubang-lubangnya. per atau spring bawaan klep tusen tidak perlu kita gunakan untuk metode yang ke 2 ini. modifikasi klep buang yang ke 2 ini lah yang bertahan lama dan sampai sekarang saya gunakan, salah satu kelemahanya yaitu semen yang ada di dalam pipa 1/2 yang berfungsi sebagai pemberat, yang lama-lama bisa keropos ata berlubang namun ini mudah kita siasati dengan menambalnya dan kita jemur lagi, namun keropos atau berlubangnya semen ini setelah lama digunakan jadi anda tidak perlu khawatir. Jika debit air ditempat anda memadai anda bisa menggunakan 2 klep buang sekaligus dengan meyabangnya menggunakan T dan L pipa agar air yang naik bisa lebih besar tapi jika tidak memungkinkan ada cukup membuat pompa air tanpa listrik ini dengan 1 klep buang saja.

Sebelum saya tutup pembahasan tentang cara membuat pompa air tanpa listrik ini  saya akan memberikan beberapa saran kepada anda yang saya dapatkan saat saya uji coba dilapangan.
  1. Sebelum anda membuat pompa air tanpa listrik ini pastikan dulu debit air didaerah anda yang akan anda pompa menuju ke dataran yang anda inginkan mencukupi, hal ini bertujuan agar pompa air tanpa listrik ini bekerja dengan baik, karena jika kita membuat pompa air tanpa listrik ini menggunakan ukuran pipa 1 inch sedangkan debit air kurang maka pompa tidak akan bekerja maksimal atau bahkan tidak bekerja sama sekali.
  2. lakukan uji coba terlebih dahulu sebelum anda membuat permanen semua instalasi, seperti bak penampungan sumber mata air, perakitan pompa air tanpa listrik, instalasi pipa pendukung dll. Untuk bak penampung dari sumber mata air gunakan batu-batuan dan tanah disekitar mata air atau sumber mata air untuk uji coba, dan instalasi body pompa jangan dilem dulu kecuali pembuatan tabung hampa ini harus di lem rapat.
  3. Lakukan perawatan rutin untuk bak penampungan dari lumut dan kotoran untuk memperlancar aliran air dan kinerja pompa.
Baik saya rasa pembahasan tentang cara membuat pompa air tanpa listrik atau pompa hidram ini saya akhiri sampai disini, jika ada pertanyaan anda bisa isi komen dibawah, dan untuk jelasnya anda juga bisa melihat di youtube channel saya di suhendimania
Semoga pemaparan ini bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk anda semua.

Previous
Next Post »