Adaptor 5 Volt Tanpa Trafo

Adaptor atau lebih kerennya disebut power supply memang tidak lepas dari kehidupan
kita sehari-hari. Untuk cas hp, komputer/laptop hingga rangkaian lampu TL/Led. Adaptor merupakan rangkaian penyearah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC). Cara membuatnya juga cukup mudah, terutama jika komponen utamanya menggunakan trafo sebagai penurun tegangan.
Berikut Kere akan berbagi cara membuat adaptor sederhana tanpa menggunakan trafo. Sebagai percobaan, karena Kere memang kere, Kere menggunakan komponen bekas dari power supply komputer yang sudah koit. Sebelum mempratikkannya, simak gambar rangkaian diatas.



Komponen yang diperlukan :
  1. Kapasitor mika : C1: 105K/250V
  2. Kapasitor Elektrolit : C2: 220mF/25V dan C3: 1000mF/10V.
  3. Resistor : R1: 1M Ohm, R2: 10 Ohm, R3: 100 Ohm dan R4: 150 Ohm.
  4. Dioda (D1, D2, D3, D4 dan D5): 1N4007
  5. Dioda Zener : 5,2 Volt.
  6. Led Merah.


 Lepaslah komponen yang diperlukan dari power supply bekas dengan solder. Tes terlebih dahulu menggunakan multimeter. Jika nilai yang ditampilkan multimeter sesuai, artinya komponen tersebut masih dapat digunakan. Selanjutnya rangkai komponen sesuai gambar rangkaian diatas pada papan pcb.


Setelah selesai, periksa kembali rangkaian Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan sehingga tidak terjadi konsleting akibat hubungan arus pendek. Untuk mengetahui hasil rangkaian, hubungkan pada sumber arus listrik 220 Volt dan ukur menggunakan multimeter pada kutub outputnya. PERHATIAN!!! JANGAN MEMEGANG RANGKAIAN KETIKA DIHUBUNGKAN DENGAN SUMBER ARUS. KESETRUM.


Besarnya tegangan yang dihasilkan dari adaptor ini tergantung dari dioda zener yang digunakan. Jika ingin tegangan 12 Volt maka gunakan dioda zener 12 volt. Sedangkan besarnya arus yang dihasilkan tergantung dari nilai kapasitor mika yang dipasang pada rangkaian. Penambahan nilai kapasitor yang menyebabkan bertambah besarnya arus akan menghasilkan daya yang lebih besar. Sehingga dibutuhkan komponen yang memiliki daya tahan lebih besar pula. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang komponen elektronika, rekan-rekan bisa cari artikel di mbah Google.

Adaptor sederhana ini cukup lumayan. Dapat bertahan selama -/+ 60 hari dihubungan sumber arus secara terus-menerus. Jika kondisi komponen masih baru, daya tahannya akan lebih lama lagi. Cocok untuk driver led sebagai lampu penerangan, lampu tidur maupun lampu hias.

Selamat mencoba....
Jika ingin lihat karya Kere tak berkualitas lainnya klik disini


Previous
Next Post »