Membuat file PDF

Soree..! Sekarang di rumah saya sudah sore nie..

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya membuat dokumen kita menjadi file PDF. Sebenarnya banyak sekali software yang bisa kita gunakan untuk membuat file PDF tersebut. Misalnya PDF Creator, doPDF, dan masih banyak software lainnya.

Untuk membuat file PDF sebenarnya tidak begitu sulit sih, apalagi kalau komputer kita terhubung dengan internet. Untuk mendapatkan softwarenya tinggal kita searching aja pake mbah Google. Contohnya seperti saya ini ni, hehe..

Langsung saja. Untuk praktek ini saya memakai doPDF untuk membuat file PDFnya. Anda bisa mendownload software gratisnya di sini. Kenapa kok saya pakai doPDF..?? Jawabnya.., kan gratis mas...!! Betulll... Siapa sih yang tidak pengen gratisan?? hehe.. Sebenarnya ada alasan lain sih.., simpel cara pakainya.

O ya.. Saya baru mencoba buat PDF-nya dari file word extensi *.docx saja lho.. Untuk file-file lainnya belum saya coba. Itu saja sudah cukup kok, kan intinya buat file PeDee-eeF.

Ya sudah tidak apa-apa tow..? Ini reviewnya sedikit saja saya jelaskan:

  • Download doPDF-nya dulu! Sudah..?? Udah mas...!!
  • Karena filenya masih ber-exstensi *.exe tolong di-rar dulu ya biar aman kalo mau disimpan buat koleksi software kita. Winrar maksudnya mas? Iyaa.., apa aja deh yang penting bisa jadi rar gitu!
  • Jalankan setup doPDF yang kita download tadi, setup sampai selesai terinstal.
  • Buka doPDF yang sudah terinstal. Carinya lewat Start>All Programs>doPDF 7>doPDF (yang sabar ya bacanya, soalnya review-nya cuma buat yang masih gaptek saja nih, hehe... sabarrr...)
  •  Tekan button/tombol (...) untuk memilih file yang akan diconvert. Seperti ini nih tombolnya
    • Pilih file yang akan diconvert (kalau saya file *.docx). Kalau sudah tekan tombol Open.
    • Nanti akan kembali ke jendela seperti di awal tadi. Tekan saja tombol Create.
    • Lha... kalau muncul jendela seperti di bawah ini tekan lagi OK.
    • Jadi deh file PDF-nya.
    • Hayo... lupa hasil PDF-nya ada di mana??? Kalau masih default sih cari saja di My Documents pasti ketemu.
    Baca juga cara membuat blog paling mudah. Sekian ya, semoga bermanfaat.
    Previous
    Next Post »